Selama 3bulan Saya Prakerin dihypermart, asalnya tempat prakerin saya di dinsosnaker. karena teman ingin menukarkan tempat prakerinnya saya bersedia dihypermart.. awal pertama saya tidak mau dihypermart.. banyak kakak-kakak kelas yang bilang senior nya pada jutek, cuek, sadis , dan galak.
pada hari pertama, saya deg-deggan untuk perkenalan dan setelah itu dibagikan tempat bagiannya. lalu, saya ditempatkan di Front End ternyata dalam bagian Front tersebut dibagi lagi menjadi 3 : CSO, FINANCE, CASHIER. tetapi saya ditempatkan dikasir, selama seminggu saya dikasih materi dan training untuk memahami mempelajari cashier yang sebenarnya dalam proses kerja prosedur yang diberikan. jika sudah mampu atau mahir mempelajari saya dilepas dan harus bisa membuka ckassa sendiri tanpa bantuan siapa pun.
Cerita yang uniknya sebagai berikut :
Suatu pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan hasil yang baik apabila diimbangi dengan proses kerja yang baik pula. Namun hal ini tidaklah mudah bagi mereka yang baru menjalani suatu pekerjaan yang belum pernah dilakukan selama hidupnya.
Schedule Team Kerja
Jam kerja Praktik Kerja Industri Hypermart Supermall Cianjur di bagi kedalam dua sift, yaitu :
1. Shift 1 : 08.30-17.00
2. Shift 2 : 10.30-19.00
Selama tiga bulan saya menempati departement Front End. Rasa gugup dan salah tingkah memang terjadi dihari pertama bekerja dan saya anggap itu sebagai suatu hal yang wajar. Hari pertama digunakan untuk mengetahui tentang Front End, tugas dan hal-hal yang harus diperhatikan seperti telah pada dasarnya front end bukan merupakan prifit center tetapi merupakan service center yang harus didukung penerapan customer service yang baik dengan tujuan untuk menciptakan image yang bagus terhadap customer. Oleh karena itu, dalam proses kerjanya seorang kasir harus memperhatikan dan menerapkan K3 yaitu sebagai berikut:
1. Ketelitian : Membantu toko menekan shrinkage, menghindari antrian customer, membuat transaksi menjadi efektif dan efesien.
2. Kecepatan : membantu toko menaikan sales, menghindari antrian costumer.
3. Keramahan : membantu toko membangun image yang baik di mata masyarakat, menghindari bentrokan dengan customer, membantu customer merasakan betah saat berbelanja.
Menginjak hari kedua saya masih diberi kesempatan untuk belajar sambil membantu senior mengepak barang. Tiga hari adalah waktu yang diberikan untuk belajar membanded uang, menggulung shopping bag, cashier bangking, attitude cashier, pos chaster, beauty class dan speed cashier. Salah seorang senior memberi semangat kepada saya untuk bisa melakukan buka kasa namun tetap saja saya merasa gugup karena baru kali ini saya berhubungan langsung dengan customer dan uang yang dihasilkan.
Sekalipun saya merasa gugup tapi saya memberanikan diri untuk membuka kasa, suatu hal yang cukup menegangkan bagi saya tapi saya mencoba untuk tetap tenang dan fokus saat menjalaninya.
Sebagai kasir saya mempunyai tugas-tugas yang harus saya lakukan setiap hari yaitu sebagai berikut :
a. Melakukan absensi pada saat datang dan pulang sesuai ketentuan untuk mencatatkan kehadiran diri;
b. Mempersiapkan, mengkoordinasi, dan mengecek kebutuhan operasional kasir agar tersedia dan siap digunakan;
c. Memperhatikan dan menjaga kerapihan diri sesuai dengan standar penampilan;
d. Melaksanakan kebersihan area kerja;
e. Mempersiapkan diri untuk melayani pelanggan;
f. Melayani transaksi pelanggan dan permasalahan transaksi pelanggan;
g. Mencatat, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan permasalahan dan penanganan keluhan pelanggan;
h. Menutup dan merapikan peralatan dan operasional mesin kasir setelah pemakain;
i. Menyetorkan hasil penjualan;
j. Mengikuti briefing, training dan bimbingan untuk melaksanakan tugas, pengembangan, dan pelatihan;
k. Melaksanakan pekerjaan lain yang diberikan atasan terkait dengan operasional kasir sehari-hari agar operasional toko berjalan dengan lancar.
l. Itulah tugas-tugas yang harus saya lakukan setiap hari dan juga harus melewati proses kerja sebagai berikut :
Pertama saya harus datang pukul 08.30 apabila masuk shift satu dan pukul 10.30 untuk shift dua, kemudian tanda tangan di log book untuk mencatatkan kehadiran diri. Terkadang saya harus menunggu beberapa saat intruksi dari Finance. Setelah 15 menit berada di ruang Finance, saya segera mengambil kantong modal dan mengecek uang kecil apa saja yang diperlukan untuk kembalian, setelah semuanya lengkap saya segera beranjak ke area kasir.
Kedua adalah mengambil kantong plastik, faktur, auditroll dan alat kebersihan (kanebo) yang kemudian saya tempatka pada tempatnya masing-masing agar siap untuk digunakan. Kemudia setelah itu saya menyalakan pos register, log in (memasukan ID dan Password). Setelah register dibuka saya memasukan modal kedalam laci dan tidak lupa memisahkannya berdasarkan nominal dan laci di tutup kembali, gate pun siap dibuka dan transaksi siap dimulai. Biasanya 10 menit sebelum toko dibuka saya selalu mendapatkan briefing dari TL untuk mengetahui promosi toko pada hari tersebut. Promosi yang ada pun berbeda-beda ada promosi koran, katalog dan lainnya.
Ketiga, toko dibuka untuk umum dan saya harus siap untuk melayani customer yang berbelanja pada hari itu. Ketika customer datang untuk melakukan transaksi, maka yang pertama harus dilakukan adalah greeting atau ucapan salam kepada pelanggan seperti selamat pagi, selamat siang dan selamat malam.
Keempat adalah melakukan scanning atau mengetik SKU barang-barang customer sambil menanyakan Kartu Hicard kemudian lepaskan sensor yang terdapat pada barang-barang tertentu/bila ada, lalu bungkus barang dan pisahkan produk food, non food dan fresh, total dan sebutkan jumlah transaksi.
Langkah selanjutnya adalah proses pembayaran. Pembayaran bisa menggunakan cash, kartu kredit/debit, voucher dan lain-lain yang diberlakukan oleh Hypermart.
Namun selain itu ada juga alat pembayaran yang bisa disebut kupon supplier dan voucher my gift. Kupon supplier biasanya berbentuk potongan Koran dari yang bisa digunakan untuk periode tertentu untuk pembelanjaan minimal Rp. 300.000 dan tidak berlaku kelipatan, voucher ini juga tidak berlaku untuk semua produk susu bubuk, mie instan dan produk lain yang telah ditentukan sedangkan My Gyft merupakan voucher senilai Rp. 50.000 yang tertera dibawah strook belanja dan didapatkan dari pembelanjaan minimal Rp. 150.000 (tidak berlaku kelipatan) ketentuan lainnya tidak berbeda jauh dengan kupon Koran.
Macam-macam alat pembayaran :
Pembayaran cash
Mayoritas dari customer menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran utama. Setelah mengetahui total harga belanja customer akan mengeluarkan sejumlah uang membayar. Setelah uang diterima hitung kembali dan sebutkan jumlahnya, contohnya “uangnya 500,000 rupiah Pak/Bu”. Pastikan bahwa uang yang diterima adalah uang asli dengan ciri-ciri sebagai berikut sebagai berikut :
1. Bahan Uang Kertas - Kertas uang termasuk tanda pengaman uang yang spesifikasinya telah ditetapkan oleh Bank Indonesia dan digunakan sebagai bahan baku pembuatan dan/atau pengaman uang kertas.
2. Tanda air - Pada kertas uang terdapat tanda air berupa gambar yang akan terlihat apabila diterawangkan ke arah cahaya.
3. Benang Pengaman - Ditanam di tengah ketebalan kertas atau terlihat seperti dianyam sehingga tampak sebagai garis melintang dari atas ke bawah, dapat dibuat tidak memendar maupun memendar di bawah sinar ultra violet dengan satu warna atau beberapa warna.
4. Cetak Intaglio - Cetakan yang terasa kasar apabila diraba.
5. Rectoverso - Pencetakan suatu ragam bentuk yang menghasilkan cetakan pada bagian muka dan belakang beradu tepat dan saling mengisi jika diterawangkan kearah cahaya.
6. Optical Variable Ink - Hasil cetak mengkilap (glittering) yang berubah-ubah warnanya bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.
7. Tulisan Mikro - Tulisan berukuran sangat kecil yang hanya dapat dibaca dengan menggunakan kaca pembesar.
8. Invisible ink - Hasil cetak tidak kasat mata yang akan memendar di bawah sinar ultra violet.
9. Gambar Tersembunyi / Latent Image - Teknik cetak dimana terdapat tulisan tersembunyi yang dapat dilihat dari sudut pandang tertentu.
Pembayaran dengan kartu kredit
Lain halnya dengan uang tunai, pembayaran dengan kartu kredit/debit mempunyai cara-cara dan ketentuan tertentu.Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui ciri-ciri kartu kredit/debit dan pastikan keasliannya sebelum kartu dimasukan atau di swipe di mesin EDC. Langkah pertama masukan atau swipe kartu pada mesin EDC sesuai dengan ketentuan, setelah ada respon tekan tombol enter dan masukan jumlah total harga, tekan enter setelah memastikan bahwa total harga yang dimasukan benar, jika kartu masih bisa digunakan maka akan ada respon approve dan keluar faktur dan bila kartu bermasalah akan muncul respon declined atau do not honor. Setelah faktur diambil swipe kartu pada pada cash drawer dan berikan strook pada customer. Khusus untuk kartu kredit Mandiri Hypermart, kartu di swipe di cash drawer sebelum dimasukan ke mesin EDC .
Pembayara dengan voucher/kupon
Pembayaran dengan menggunakan voucher lebih mudah dilakukan dibandingkan uang tunai atau kartu kredit. Pertama pastikan bahwa voucher belum kadaluarsa dengan cara melihat tanggal, bulan dan tahun berlakunya voucher, scan kode voucher dan berikan strook pada customer.
* Manfaat Yang Dirasakan
Setelah melasanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) penulis merasakan manfaatnya yaitu sebagai berikut :
1. Lebih memahami dan mengenal pekerjaan yang ada didlam dunia usaha secara langsung.
2. Menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis karena penulis tahu lebih jauh tentang dunia usaha.
3. Mengetahui secara langsung bagaimana proses kerja yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan aturan-aturannya.
4. Melatih untuk bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilaksanakan.
5. Menjadikan penulis lebih dewasa dan juga melatih penulis untuk bersikap mandiri dalam menghadapi masalah yang ada serta tahu bagaimana cara penyelesaian yang tepat dari masalah itu sendiri.
6. Penulis dapat belajar bagaimana berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga tahu bagaimana melayani konsumen/college/pelanggan dengan baik.
7. Menumbuhkan jiwa wirausaha bagi Penulis.
8. Menumbuhkan semangat bagi penulis bekerja dalam segala hal.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking